[Diikutkan dalam kontes review Haru] Review #10 Love Alert




Judul               : Love Alert
Penulis             : Seo Han Gyeol
Penerbit           : Haru
Penerjemah      : Rya Rosantika& Hyacinta Louisa
Terbitan           : Cetakan Pertama, Oktober 2018
Jumlah halaman: 668
ISBN 978-602-52547-9-6
Rating             : 4/5⭐

Hai udah lama banget aku ga bikin review😄. Teakhir bikin review novel sekitar 4 bulan lalu. Selama 4 bulan aku berusaha meningkatkan minar baca ku. Entah kenapa selama tahun 2018 aku jaranggg banget baca novel. Bahkan selama beberapa bulan aku g abaca novel. Tapii akhirnya selama 4 bulan awal tahun 2019 aku berhasil baca beberapa novel, contohnya novel yang akan aku review kali ini. Novel yang akan aku review kali ini adalah Love Alert. Berikut sinopsisnya.

Woo Hyeon
Karena kedua orangtuaku, aku tidak percaya pada cinta. Namun, saat aku berusia 17 tahun, aku bertemu dengan seorang gadis yang membuatku jatuh cinta. Sayangnya, aku tidak bias menemukannya lagi. Janji yang kami ucapkan tidak terlaksana. Meski begitu, hatiku masih mengharapkannya.

Yoo Jeong
Aku adalah pemeran utama dalam hampir seluruh film dan drama komedi-romantis terkenal di Korea. Kisah cintaku dalam drama selalu berakhir indah, berbanding terbalik dengan kehidupanku di dunia nyata. Aku mengerti bahwa aku tidak bias merasakan cinta untuk orang lain sebagaimana yang kurasakan untuk cinta pertamaku.
Namun, apa pun yang terjadi, aku harus menikah pada umur 35 tahun dan melanjutkan hidup. Tersisa 180 hari sebelum hari itu datang. Dan, dalam jangka waktu itu, aku harus menikah.
 .
.
Novel ini adalah salah satu novel terjemahan Korea ysng diterbitkan oleh Penerbit Haru. Novel ini bergenre romance yang beralur campuran karena menceritakan tentang masa lalu Woo Hyeon dan Yoo Jeong serta masa depan mereka.

Yoo Jeong, seorang aktris yang telah berkarier selama 15 tahun. Yoo Jeong sering memainkan drama romance dan dijuluki cinta pertama masyarakat Korea dan romance queen. Dia memiliki ketenaran, terbukti dari anggota fan cafe-nya yang mencapai 30 juta orang lebih. Selama 15 tahun Yoo Jeong tidak pernah memiliki hubungan asrama. Dia masih mengingat dengan jelas tentang cinta pertamanya. Dia masih memiliki janji untuk bertemu dengan cinta pertamanya. 15 tahun lalu dia bertemu dengan cinta pertamanya di sebuah acara perkemahan. Cinta pertamanya adalah orang yang pemalu dan tidak memiliki kepercayaan diri karena memiliki luka bakar hampir di seluruh tubuhnya. Mereka berjanji akan bertemu 1 tahun kemudian tapi Yoo Jeong tidak dapat memenuhi janjinya untuk bertemu kembali. Dia telah menunggu cinta pertamanya selama 17 tahun tetapi sebelum umurnya 35 tahun dia harus segera menikah sesuai dengan keinginan ibunya sebelum ibunya meninggal.

Woo Hyeon, seorang dokter spesialis kulit yang memiliki banyak pasien. Dia merupakan dokter yang rajin dan selalu bersikap ramah kepada pasiennya. Dia tidak pernah bersikap ramah kepada orang lain. Dia juga tidak mempercayai cinta. Perasaan dan pemikirannya adalah damoak dari yang pernah dialaminya 17 tahun lalu. Dia memiliki cinta pertama yang sangat berharga dan dirindukannya. Dia masih menunggu cinta pertamanya meski dia tidak yakin apakah cinta pertamanya juga merindukannya. Woo Hyeon juga tidak berniat menjalin hubungan dengan orang lain. Terkadang dia merasa kesepian dan takut tapi dia telah memberikan seluruh cintanya kepada cinta pertamanya.

Kisah mereka dimulai ketika Yoo Jeong yang sedang menghadiri penghargaan artis nasional Korea dalam acara Blue Dragon, Baeksang dan Cannes. Dia sedang berpose di red carpet dengan pasangannya di drama terbarunya, yaitu Choi Jihoon. Tiba-tiba Yoo Jeong kehilangan dan keseimbangannya, Woo Hyeon yang sedang berada di tempat yang sama dan sedang melewati red carpet langsung memeluk dan memegangi tubuh Yoo Jeong yang terlempar.

Kejadian itu berlangsung cepat dan Woo Hyeon sedang terburu-buru pergi. Setelah kejadian itu barang peninggalan ibu Yoo Jeong yaitu bros tiba-tiba hilang. Yoo Jeong sudah mencarinya tetapi tidak ketemu.

Yoo Jeong yang sebentar lagi akan memasuki usia 35 tahun harus segera mencari pasangan dan menikah sesuai dengan perintah ibunya. Jika tidak, dia tidak dapat hidup dengan lama. Hubungan Jihoon dengan Yoo Jeong semakin dekat karena mereka sering terlibat dalam projek yang sama. Yoo Jeong mulai menaruh rasa pada Jihoon meski tidak sebesar cintanya pada cinta pertamanya. Sebenarnya Jihoon mendekati Yoo Jeong demi menaikan popularitasnya. Dia tidak pernah bersikap tulus. Tetapi Yoo Jeong sudah terlanjur mencintai Jihoon.

Suatu pagi, Yoo Jeong bertemu lagi dengan Woo Hyeon di depan sebuah minimarket. Yoo Jeong malah salah masuk ke mobil Woo Hyeon karena mobil WooHyeon memiliki tipe yang sama dengan mobil Jihoon. Woo Hyeon mengira Yoo Jeong adalah seorang pencuri mobil sedangkan Yoo Jeong mengira Woo Hyeon adalah penguntitnya. Mereka sempat berdebat dan Yoo Jeong terpaksa membuka penyamarannya untuk menunjukkan wajahnya dan Woo Hyeon tidak mengenalinya. Heol, ada orang yang tidak mengenali Yoo Jeong, seorang aktris dengan anggota fan café beranggota 30 juta orang.

Setelah pertemuan itu, mereka bertemu lagi di rumah Jihoon. Ini ketiga kalinya mereka bertemu. Seperti takdir.
Saat Yoo Jeong sudah berharap lebih pada hubungannya dengan Jihoon dan akan mengumumkan hubungan mereka kepada public, Jihoon malah mengumumkan bahwa dia akan menikahi seorang janda kaya raya.

“Yoo Yoo Jeong! Tidak apa-apa, tidak ada cinta yang gagal. Yang ada hanya cinta yang telah berlalu dan cinta yang akan segera dating. Tidak apa-apa…” – Hal 169.

Joo Min Ah, seorang reporter yang memberitakan bahwa Jihoon dan Yoo Jeong berpacaran pun merasa bersalah kepada Yoo Jeong. Dia bertekad untuk membersihkan nama baik Yoo Jeong. Min Ah dengan ide gilanya mendatangi Jae Gyeong, Ketua Yoo Jeong Entertainment. Min Ah memiliki ide untuk menyuruh Yoo Jeong dan Woo Hyeon untuk berpacaran dan menutupi skandal Jihoon dengan Yoo Jeong.

Yoo Jeong tentu saja menolaknya, dia tidak mengenal Woo Hyeon dengan dekat. Woo Hyeon pun juga menolaknya, dia tidak mengenal Yoo Jeong dan hanya pernah bertemu 3 kali, itupun secara tidak sengaja.

Woo Hyeon juga langsung menolak ide gila dari Joo Min Ah. Tetapi karena ada beberapa hal, Yoo Jeong dan Woo Hyeon menyetujuinya. Mereka pun memutuskan bertunangan secara dan tanpa disengaja ternyata masa lalu mereka saling berkaitan. Kenapa berkaitan? Baca sendiri ya novelnya wkwk.

“ Bukan masalah mati dan ke neraka. Hati seseorang pun bisa menjadi neraka pribadinya sendiri. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi hari ini atau besok. Lebih baik kita selesaikan saja semuanya sekaligus.” – Hal 273
 .
 .
Menurut aku novel dengan halaman 668 memiliki konflik yang lumayan padat dan membaca novel ini serasa melihat drama. Masa lalu Yoo Jeong dan masa lalu Woo Hyeon sudah dijelaskan di bagian-bagian awal dan menurutku sudah tidak terlalu menegangkan lagi. Tapi aku tetap menikmatinya. Selain masa lalu Yoo Jeong dan Woo Hyeon, novel ini juga membahas bagaiman rahasia kelahiran Woo Hyeon yang disembunyikan. Lalu bagaimana ibu Woo Hyeon bisa menikah sebanyak 5 kali.

Untuk terjemahan novel ini lumayan enak dibaca dan gampang mudah dipahami tetapi dibeberapa bagian aku merasa novel ini terlalu cepat dan ada bagian yang terasa lama karena terlalu banyak narasi. Dan narasi itu sebenarnya sudah dibahas tetapi dibahas lagi dan itu membuatku mengantuk. Tetapi aku tetap suka dengan bagaimana perkembangan hubungan antar tokoh meski ada beberapa hal yang tidak dijelaskan secara detail.

Saat membaca novel ini aku membayangkan Woo Hyeon itu amat sangat tampan tapi karena novel ini sudah dibuat drama dan tokoh laki-lakinya.. ya menurutku kurang tapi aku mencoba untuk membayangkan Woo Hyeon sesuai dengan yang sudah dibuat drama meskipun aku sendiri belum menonton dramanya wkwk.

Novel ini memiliki genre romance comedy tapi aku ga merasa novel ini memiliki unsur komedi, lebih banyak unsur drama dan romance nya. Tapi aku tetap menikmatinya yaaa aku Cuma kurang suka di bagian-bagian yang mendekati akhir karena serasa drama atau entah kenapa aku ngerasa lagi nonton sinetron tapiii ya nikmati saja novel ini.

Sekian review dari aku, sampai bertemu di review novel selanjutnya😊.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review #9 Doriyaki Rasa Baru

Review #8 Seoulsister (Survive di Korea, Say NO to Drama)